SOLOPOS.COM - Awan dan abu tebal menyelimuti langit Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele, Selo, Boyolali, saat terjadi guguran awan panas Gunung Merapi, Jumat (8/12/2023). (Istimewa/TSD Tlogolele)

Solopos.com, MAGELANG — Hujan abu vulkanik dampak awan panas guguran Gunung Merapi, Jumat (8/12/2023), ternyata berdampak di 10 desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Dilansir dari laman berita Antara, 10 desa di Magelang yang terdampak hujan abu vulkanik itu yakni Mangusoko, Krinjing, Sengi, Paten, Sewukan, Banyudono, dan Sumber, yang semuanya merupakan wilayah Kecamatan Dukun. Sedangkan tiga desa lainnya berada di Kecamatan Sawangan, yakni Desa Krogowanan, Kapuhan, dan Gantang.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono, membenarkan telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi. Hal itu pun menyebabkan hujan abu tipis disertai hujan air di 10 desa di Kecamatan Dukun dan Kecamatan Sawangan.

Hujan abu vulkanik itu terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 14.46 WIB. “Update sampai pukul 16.15 WIB, ada 10 desa di Kecamatan Dukun dan Sawangan [terdampak hujan abu vulkanik],” katanya, Jumat.

“Rata-rata hujan abu tipis disertai air hujan.”

Edi pun meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas di daerah potensi bahaya, serta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Diberitakan sebelumnya, hujan abu vulkanik melanda lima desa di dua kecamatan di Kabupaten Magelang. Hujan abu vulkanik itu terjadi akibat guguran awan panas Gunung Merapi.

Akibat awan panas guguran Gunung Merapi itu, Edi pun meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas di sepanjang sungai seperti Sungai Senowo, Sungai Bebeng, dan Sungai Lamat. Hal itu guna menghindari potensi bencana banjir lahar dingin yang kerap terjadi saat hujan deras melanda wilayah puncak Gunung Merapi.

“Kami sudah mengimbau dan melarang segala aktivitas masyarakat, khususnya di sepanjang Sungai Senowo, Sungai Bebeng, dan Sungai Lamat, karena bisa berpotensi terjadi banjir lahar dingin,” ujar Edi dalam siaran pers yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya