SOLOPOS.COM - Ilustrasi tawuran pelajar. (Dok. JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, PEMALANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang meningkatkan pembinaan konseling dan pengawasan kepada pelajar sebagai upaya mencegah aksi tawuran maupun tindak kriminalitas. Hal itu dilakukan pascaperkelahian antarpelajar di Desa Banjaran, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Selasa (7/11/2023) dini hari.

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, merasa prihatin atas kasus peristiwa tawuran yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia. Saat ini, pihaknya telah memerintahkan Dinas Pendidikan Pemalang agar proaktif dapat mencegah tawuran antarpelajar.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Saya akan minta Dinas Pendidikan Pemalang agar lebih giat melakukan pengawasan, melakukan pembinaan konseling kepada pelajar. Selain itu, saya minta juga orang tua berperan aktif mengawasi anak-anaknya,” kata Bupati Mansur, seperti dikutip dari Antara, Kamis (9/11/2023).

Kapolres Pemalang, AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya, mengatakan anggotanya telah memintai keterangan sembilan anak berstatus pelajar yang diduga terlibat perkelahian di Desa Banjaran, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Selasa (7/11/2023) dini hari.

Satu anak telah diproses hukum. Sedangkan delapan pelajar lainnya yang diduga terlibat perkelahian telah dikembalikan kepada orang tua masing-masing.

Terhadap satu anak yang diproses hukum dijerat Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun atau denda Rp3 miliar.

Menurut Kapolres, kasus perkelahian tersebut berawal dari ajakan melalui salah satu platform media sosial hingga akhirnya dua kelompok anak membuat kesepakatan untuk melakukan perkelahian pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya