SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di sekitaran perlintasan sebidang Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang tergenang air pada Selasa (28/11/2023) siang. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG–Banjir setinggi 70 centimeter (cm) menggenangi sejumlah titik di Kelurahan Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (28/11/2023) siang. Banjir ini akibat hujan deras yang mengguyur Kota Lumpia sejak Senin (27/11/2023) malam.

Salah satunya di sekitaran ruas jalan perlintasan sebidang Kereta Api (KA) Kaligawe. Pantauan Solopos.com pada pukul 11.00 WIB, ketinggian air bisa menyebabkan sejumlah kendaraan yang melintas mogok.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Sejumlah warga pun tampak membantu pengguna jalan agar tak terkena jeglongan yang tertutup oleh genangan air. Sementara untuk arus lalu lintas terpantau ramai lancar.

Warga sekitar, Suyadi, 67, mengamini hujan deras Senin malam yang tak kunjung reda membuat Kaligawe banjir. Bahkan, banjir kali ini disebut lebih para dibanding Rabu (15/11/2023) lalu.

“Kemarin [Rabu lalu] karena hujan. Ini [Selasa] juga karena hujan. Dan lebih parah ini. Soale kan deres banget tadi malam hujannya. Terus-terusan [enggak lekas reda],” kata Suyadi ketika berbincang dengan Solopos.com, Selasa (28/11/2023).

Suyadi pun tak tahu pasti kapan genangan air ini bakal surut. Ditambah cuaca setiap sore hingga malam hari yang selalu turun hujan membuat warga sekitar makin waswas.

“Enggak tahu [surutnya]. Tadi malah gerimis. Ini kalau sampai hujan lagi bisa makin tinggi [genangan airnya],” nilainya.

Hal senada juga disampaikan Yati, 49, penjual di sekitaran Jalan Muktiharjo Lor. Ia bahkan sudah tak bisa menghitung berapa kali Kaligawe dilanda banjir selama hujan deras mengguyur.

“Biasa di sini [Kaligawe]. Hujan deras saja udah pasti tergenang. Kalau terus-terusan [hujannya] ya banjir,” kata Yati.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, terdapat tujuh titik di wilayah setempat yang mengalami banjir. Daerah paling tinggi genangan airnya mencapai 70 cm berada di Jalan Kaligawe atau tepatnya di depan pintu masuk RSI Sultan Agung.

“Pada Hari Senin, 27 November 2023 pukul 20.00 WIB hujan dengan intensitas deras terjadi di Kota Semarang sehingga mengakibatkan dampak genangan,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Adhi Yulianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya