SOLOPOS.COM - Bupati Grobogan Sri Sumarni hadir dalam acara kirab budaya yang digelar warga Desa Karangasem, Grobogan, Minggu (17/9/2023). (humas.polri.go.id)

Solopos.com, GROBOGAN-Dalam rangka menyambut Haul ke-29  Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto Tahun 2023, warga Desa Karangasem Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, menggelar kirab budaya pada Minggu (17/9/2023).

Kirab yang berlangsung meriah ini merupakan bentuk penghormatan masyarakat setempat terhadap Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto tokoh yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Grobogan.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Acara yang juga dihadiri Abdi Dalem  Keraton Kasunanan Surakarta dan Bupati Grobogan Sri Sumarni ini dimulai dari Dusun Tambak Desa Karangasem menuju Makam Ki Ageng Tirto.

Pada kegiatan kirab budaya itu Desa Karangasem Grobogan itu, kereta kencana yang dinaiki para peserta kirab diiringi kelompok drum band dari SD Negeri Karangasem dan SMP Negeri 2 Wirosari.

Setibanya di pintu gerbang Makam Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto, para peserta kemudian berjalan kaki untuk menuju ke lokasi makam.  Dalam sambutannya, Bupati Grobogan mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Karangasem dan panitia serta masyarakat atas terselenggaranya Haul Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto yang berjalan sangat luar biasa.

‘’Harapannya, kegiatan ini setiap Tahun untuk dapat diuri-uri sebagai warisan budaya dan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para leluhur dalam penyebaran agama Islam di Grobogan,’’ harap Bupati Grobogan Sri Sumarni dikutip dari humas.polri.go.id pada Minggu (17/9/2023).

Bupati Grobogan juga mengajak warga Desa Karangasem Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu yang sebentar lagi bakal digelar pemerintah.

‘’Seluruh masyarakat Desa Karangasem, jangan ada yang Golput. Gunakan hak pilih untuk menentukan 5 tahun ke depannya,’’ ujar Sri Sumarni.

Sementara itu, Kapolsek Wirosari Polres Grobogan AKP Muri yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa pada pelaksanaan acara itu, pihaknya mengerahkan puluhan anggotanya dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman baik pada tamu undangan yang hadir maupun masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

‘’Ada puluhan anggota Polsek Wirosari Polres Grobogan dengan dibantu anggota Koramil Wirosari yang kami gelar untuk pengamanan acara ini. Acara ini berlangsung aman, lancar dan kondusif seperti yang kami harapkan,’’ kata Kapolsek Wirosari Polres Grobogan.

Sebelum mengakhiri acara, rombongan tersebut kemudian melakukan tabur bunga di makam Ki Ageng Tirto.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya