SOLOPOS.COM - Segenap jajaran Fakultas Biologi UKSW Salatiga saat melakukan gerakan tanam pohon di kampus untuk mewujudkan kampus hijau, Senin (2/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Suasana kekeluargaan kental terasa dalam acara Ibadah Syukur dan Perayaan Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Senin (2/10/2023) malam.

Mengambil tempat di ruang E126, acara Ibadah Syukur dan Perayaan Dies Natalis ke-61 ini bertema Mengarahkan Diri kepada Apa yang Ada di Hadapanku dengan dasar firman Tuhan dari kitab Filipi 3:13. Di kesempatan itu, Pdt., Adi Setyo Kristanto, S.Si., hadir untuk menyampaikan firman Tuhan.

“Di usia yang ke-61 ini biarlah Fakultas Biologi menempatkan Tuhan menjadi penguasa dalam segala tindakan yang dilakukan, maka damai dan sukacita menjadi bagian dari fakultas ini,” kata Pdt., Adi Setyo Kristanto.

Pdt., Adi Setyo Kristanto juga menegaskan ketika fakultas ini hidup dengan Tuhan sebagai penguasa, hal itu menjadi dasar untuk terus maju di masa depan dengan sebuah keberhasilan, tanpa mengingat kembali masa lalu yang tidak baik.

Berbagai penampilan seperti dance, drama pendek, dan suguhan lagu pop oleh masing-masing mahasiswa angkatan tahun 2020 hingga 2023 ikut memeriahkan Dies Natalis ke-61.

Perayaan Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi dihadiri Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (WR RIK), Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom; Dekan Fakultas Biologi, Drs. Rully Adi Nugroho, M.Sc., Ph.D; tenaga kependidikan; dosen; tamu undangan; serta mahasiswa Fakultas Biologi.

Dalam sambutannya, Prof. Eko Sediyono mengucapkan selamat karena dalam usia yang ke-61 ini Fakultas Biologi telah memperoleh berbagai prestasi. Harapannya hal tersebut dapat menjadi tonggak prestasi bagi fakultas.

“Saya mengucapkan selamat atas capaian di usia ke-61 ini, dua program studi di Fakultas Biologi, yaitu Program Studi S1 Biologi dan S1 Pendidikan Biologi sudah terakreditasi Unggul serta Program Studi Magister Biologi terakreditasi baik sekali,” imbuhnya.

Prof. Eko Sediyono juga berharap fakultas ini menjadi semakin dewasa, terus berkembang, dan meningkat tidak hanya jumlah mahasiswa tetapi juga kualitas lulusannya.

Acara puncak Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan dispenser dan botol minum dari Dekan Biologi Rully Adi Nugroho kepada perwakilan mahasiswa Fakultas Biologi.

Selain itu dilakukan juga secara simbolis penanaman pohon cendana di kampus UKSW oleh Drs. Rully Adi Nugroho bersama perwakilan purnatugas dosen Drs. Soenarto Notosoedarmo, M.Sc.

Dekan Biologi UKSW, Rully Adi Nugroho, mengungkapkan Dies Natalis tahun ini mengangkat tema Go Green Campaign yang sejalan dengan program pimpinan universitas, yaitu mewujudkan green campus.

“Salah satu cara mewujudkan green campus, yaitu menumbuhkan ulang jiwa peduli lingkungan kepada kepada mahasiswa dengan mengurangi sampah plastik,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Fakultas Biologi juga mengekspresikan green campus melalui program penanaman pohon.

“Pada hari ini kami menanam bibit tanaman Cendana. Dari kacamata Fakultas Biologi hal ini dimaksudkan untuk menggambarkan Indonesia mini di UKSW melalui keragaman tanaman dari berbagai daerah di Indonesia,” tandasnya.

Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi, antara lain sharing studi lanjut bersama alumni, jalan santai, dan outbound. Tak hanya itu, kegiatan lainnya, yakni sharing ilmiah tentang magang juga akan dilaksanakan di ruang E126 pada Jumat (6/10/2023).

Rekomendasi
Berita Lainnya