SOLOPOS.COM - Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, berfoto bersama Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto, yang baru saja dilantik di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (29/1/2024). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Direktur Penertiban Penguasaan, Pemilikan, dan Pengunaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sepyo Achanto, dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Magelang menggantikan Zaenal Arifin yang masa jabatannya sebagai Bupati Magelang berakhir per 29 Januari 2024. Selain Zaenal Arifin, Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, juga berakhir masa jabatannya pada hari ini, Senin (29/1/2024).

Pelantikan Sepyo dipimpin langsung Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin pagi. Sebelum ditunjuk menjadi Pj Bupati Magelaang, Sepyo menjabat sebagai Direktur Penertiban, Penguaasaan, Pemilikan, dan Penggunaan Tanah Kementerian ATR/BPN.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dalam sambutannya, Nana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Zaenal Arifin atas dedikasi dan pengabdian selama menjabat dua periode. “Beliau telah memberikan warna, bahkan beberapa penghargaan yang diraih bagi Kabupaten Magelang,” ujar Nana usai pelantikan.

Sementara itu, bagi Sepyo yang menjabat sebagai Pj Bupati Magelang, Nana memberikan pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan seperti program prioritas pemerintah berupa penurunan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrem, inflasi, dan pengangguran.

Diketahui, angka stunting di Kabupaten Magelang pada tahun 2022 berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) adalah 28,20%. Sementara untuk angka kemiskinan di Kabupaten Magelang pada tahun 2023 sebesar 10,96%.

Begitu halnya dengan angka inflasi Kabupaten Magelang pada Desember 2023 berada pada angka 2,61%. Angka ini lebih rendah dari rata-rata provinsi sehingga perlu dipertahankan.

“Tantangan ke depan akan semakin meningkat. Terutama dalam menyelesaikan program-program prioritas dari pusat,” tegasnya.

Di samping itu, Pj Bupati Magelang harus menggenjot sinergi tiga sektor unggulan pada bidang pertanian, pariwisata, dan industri.

Pada bidang pertanian, Pemkab Magelang perlu lebih masif mengembangkan pertanian organik yang sudah dimulai sejak 2011 dengan komoditas padi. Adapun bidang pariwisata, perlu mendukung penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Borobudur.

“Terakhir adalah mengawal dan menyukseskan Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak. Ajak masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS, supaya partisipasi masyarakat bisa minimal 80%. Jaga kondusifitas dan terus koordinasi dengan instansi terkait, termasuk dengan tokoh agama dan masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya