SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Kabupaten Semarang saat melakukan evakuasi tiang listrik yang ambruk karena hujan deras dan banjir di Desa Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah Jumat (5/1/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menyebabkan tiang listrik di Jalan Raya Bergas – Bandungan, tepatnya Desa Duren, Kecamatan Bandungan, ambruk pada Jumat (5/1/2024) sore.

Ambruknya tiang listrik itu disebabkan luapan banjir yang menggerus penopang tiang listrik. Alhasil akses jalan tersebut terpaksa dialihkan, karena tiang listrik melintang di jalan raya dan terdapat genangan air sehingga membahayakan.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Salah seorang warga, Ikhsan, mengaku mendapatkan cerita dari warga yang tengah berjualan rambutan di dekat tiang listrik tersebut. Tiang listrik tersebut rubuh karena tanah tergerus dari luapan air yang deras.

“Sempat kaget, karena kan suaranya bruakkk dan sempat mengeluarkan percikan api,” kata Ikhsan di lokasi kejadian, Jumat.

Beruntung saat kejadian tidak ada yang melintas di jalan tersebut. Dan warga yang berjualan rambutan tersebut langsung menyelamatkan diri ke rumah warga.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak PLN untuk mengevakuasi tiang tersebut. Serta warga juga memadamkan listrik karena tiang tersebut jatuh tersangkut di kabel listrik.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar (Poldam) Kabupaten Semarang, Anang Sukoco, mengungkapkan pihaknya mengarahkan dua armada damkar untuk melakukan pembersihan lumpur. Selain itu, sebagian petugas dengan dibantu warga menutup jalan untuk sementara.

“Pihak PLN juga sudah melakukan evakuasi tiang listrik yang rubuh,” terangnya.

Dalam satu hari terdapat dua laporan kejadian yang diterima oleh Poldam Kabupaten Semarang di antaranya di Desa Duren dan Desa Jetis, Kecamatan Bandungan. Pihaknya juga siap siaga jika nantinya terdapat kejadian-kejadian yang terjadi.

“Kita koordinasi dengan BPBD Kabupaten Semarang siap siaga apabila terdapat bencana maupun kondisi jalan macet,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya