SOLOPOS.COM - Pekerja saat melakukan perakitan kotak suara di Gudang penyimpanan logistik KPU Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga Kamis (4/1/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Mendekati hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga mulai melakukan perakitan kotak suara untuk pemilu serentak 2024. Perakitan itu telah dimulai sejak Rabu (3/1/2024) dan diharapkan bisa selesai pada Minggu (7/1/2024).

Komisioner KPU Kota Salatiga Dewi Retnowati mengatakan, total kotak suara yang akan dirakit sebanyak 3.268 kota suara. 

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Terdiri dari 3.260 kotak suara untuk 652 TPS yang ada di Salatiga dan 8 kotak suara untuk rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Untuk tenaga perakitan kita melibatkan 10 orang dari internal yang sudah berpengalaman. Untuk biaya jasa perakitan dihargai Rp 1.500 per kotak suara,” terang Dewi kepada Solopos.com, Kamis (4/1/2024).

Dikatakan, sampai saat ini belum ada temuan kotak suara yang mengalami kerusakan. Meski begitu, setelah perakitan ini kotak suara disimpan dengan diletakkan di atas parket.

“Mengantisipasi cuaca Salatiga yang lembab, kotak suara yang selesai dirakit kita tidak langsung letakkan di lantai, tapi kita taruh parket agar ada celah ruang di bawahnya,” terang Dewi.

Sementara itu, untuk pelipatan surat suara rencananya akan dilaksanakan pada pekan depan dengan melibatkan 75 pekerja. 

Saat ini baru dua surat suara yang telah diterima KPU Kota Salatiga, yaitu surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi.

“Kita lakukan pelipatan surat suara yang telah diterima dulu. Sebab juga memperhitungkan waktu yang semakin mepet,” tandas Dewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya