SOLOPOS.COM - Lawang Sewu dan Tugu Muda Semarang. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), memiliki luas wilayah mencapai 373,78 km persegi yang terbagi dalam 16 kecamatan. Berikut lima kecamatan di Kota Semarang yang masuk kategori terbesar dari segi luas wilayahnya.

Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan masuk dalam lima kota metropolitan terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Kota Semarang juga menjadi salah satu kota di Pulau Jawa yang memiliki perkembangan ekonomi cukup pesat. Kota ini kerap menjadi tujuan para investor yang ingin menanamkan modalnya baik di bidang industri, perdagangan, maupun sektor jasa lainnya.

Hal ini tak terlepas dari infrastruktur di Semarang yang terbilang lengkap mulai dari bandar udara, pelabuhan, stasiun kereta, maupun sarana transportasi lainnya.

Dikutip dari Kota Semarang Dalam Angka Tahun 2023 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Kota Semarang hingga tahun 2022 mencapai 1.659.975 jiwa, dengan tingkat kepadatan mencapai 4.441 jiwa per km persegi.

Sementara dari sektor luas wilayah, Kecamatan Gunungpati menjadi kecamatan di Kota Semarang yang paling luas dibandingkan 15 kecamatan lainnya.

Berikut lima kecamatan terluas atau terbesar di Kota Semarang, berdasarkan luas wilayahnya.

1. Gunungpati

Gunungpati merupakan kecamatan dengan luas wilayah terbesar di Kota Semarang, yakni mencapai 58,27 km persegi. Luas wilayah Gunungpati bahkan lebih luas dibandingkan Kota Solo, yang hanya mencapai 44,04 km persegi.

Gunungpati berada di kawasan dataran tinggi dan masih banyak pepohonan. Di wilayah ini juga terdapat satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang cukup terkemuka di Kota Semarang, yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Oleh karena tempatnya yang asri, Gunungpati juga banyak terdapat tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang populer di Gunungpati adalah Goa Kreo.

2. Mijen

Kecamatan Mijen masuk di urutan kedua dalam daftar kecamatan yang memiliki luas wilayah terbesar di Kota Semarang. Luas Kecamatan Mijen mencapai 56,52 km persegi atau 15,12 persen dari total luas wilayah Kota Semarang.

Seperti halnya Gunungpati, Mijen juga tergolong wilayah yang asri di Semarang. Bahkan kualitas udara di Mijen disebut-sebut sebagai yang terbaik di Semarang berdasarkan data Iqiair.com, yakni 27 AQI (air quality index).

Mijen dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Kendal. Namun setelah tahun 1976, Kota Semarang mengalami pemekaran wilayah hingga Mijen masuk menjadi bagian administrasi wilayahnya.

3. Ngaliyan

Ngaliyan merupakan kecamatan dengan luas wilayah terbesar ketiga di Kota Semarang. Luas wilayah Kecamatan Ngaliyan mencapai 42,99 km persegi atau sekitar 11,50 persen dari total wilayah Kota Semarang.

Ngaliyan dulunya merupakan bagian dari Kecamatan Tugu. Namun, melihat potensi dan luas wilayahnya, Ngaliyan akhirnya dijadikan kecamatan yang berdiri sendiri di Kota Semarang.

Ngaliyan merupakan daerah pendukung bagi Kota Semarang dan Kabupaten Kendal. Hal ini pun menjadikan Ngaliyan sebagai lokasi strategis sebagai tempat hunian warga Kota Semarang.

4. Tembalang

Tembalang sering disebut-sebut sebagai daerah pelajar di Kota Semarang. Hal ini menyusul banyaknya kampus perguruan tinggi yang berdiri di Tembalang, seperti Universitas Diponegoro (Undip), Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang(Poltekkes Kemenkes Semarang), hingga Politeknik Negeri Semarang (Polines).

Selain itu, Tembalang rupanya juga menjadi salah satu kecamatan dengan luas wilayah terbesar di Kota Semarang. Luas wilayah Tembalang mencapai 39,47 km persegi atau sekitar 10,56 persen dari total luas wilayah Kota Semarang.

5. Banyumanik

Banyumanik kerap disebut sebagai kota atas Semarang. Sebutan ini menyusul lokasi Banyumanik yang berada di dataran tinggi Kota Semarang.



Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius. Banyumanik juga masuk dalam daftar lima kecamatan dengan luas wilayah terbesar di Kota Semarang, yakni 29,74 km persegi atau sekitar 7,96 persen dari total wilayah Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya