SOLOPOS.COM - Peluncuran Program Sobo Hebat Sedulur Selawase di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada Kamis (2/11/2023). (wonosobokab.go.id)

Solopos.com, WONOSOBO-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam arahannya menyampaikan dengan terjalinnya kerja sama yang baik semua pihak, dalam merealisasikan program pencegahan stunting secara optimal, maka target penurunan stunting akan bisa tercapai. Sekaligus akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Hal itu diungkapkannya dalam Rembug Stunting Jilid II periode III, yang melibatkan camat, kepala desa, lurah dan bidan desa pada Kamis (2/11/2023) di pendapa selatan Pemkab Wonosobo. Hal ini sebagai langkah konsolidasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Afif mengajak, semua yang terlibat dalam tim percepatan penurunan stunting di Kabupaten Wonosobo untuk bekerja lebih keras, saling berkoordinasi, kolaborasi, koneksitas dan saling perkuat komitmen. Juga diminta untuk memperkuat kemitraan dan sinergitas antar seluruh pemangku kepentingan.

“Rembug Stunting Jilid II, merupakan salah satu amanat dari Bapak Wakil Presiden pada saat penyelenggaraan Rakornas Stunting di Jakarta, yakni daerah harus melaksanakan refleksi dan evaluasi bersama secara menyeluruh untuk menjadi rekomendasi bagi pemerintahan mendatang. Saya harap upaya konvergensi bersama ini mampu mencegah munculnya lebih banyak permasalahan stunting, jangan sampai ada kasus stunting baru di kabupaten kita, untuk mewujudkan zero new stunting,” ungkap Afif dikutip dari wonosobokab.go.id pada Jumat (3/11/2023).

Menurutnya kinerja penurunan stunting Wonosobo selalu dipuji di level nasional karena mampu menurunkan hingga 5,4%, lebih tinggi daripada capaian tingkat nasional sebesar 2,8%, bahkan prestasi tersebut juga diapresiasi oleh Pemerintah Pusat.

“Bulan lalu, kabupaten kita menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat yang diserahkan oleh Wakil Presiden, atas kinerja Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam menurunkan stunting dan menanggulangi kemiskinan, serta mendapatkan Dana Insentif Daerah sebesar 13 Milyar Rupiah bersama dengan 54 kabupaten/kota se-Indonesia lainnya,” ujarnya.

Bupati meminta, meskipun angka stunting terus turun, upaya ini tidak boleh terhenti. Semua pihak harus meningkatkan komitmen dalam menanggulangi permasalahan stunting, serta program yang telah dirancang mampu direalisasikan dengan baik.

“Melalui Program Sobo Hebat Sedulur Selawase, atau Wonosobo Hebat Atasi Stunting Sehari Dua Telur Selalu Pantau tumbuh Kembang, Awasi dan Jaga Kesehatannya, Semangati Pola Asuhnya, menjadi sebuah peluang yang sangat strategis, sebagai implementasi riil konvergensi intervensi penanganan stunting, yang kita harapkan bersama dapat berhasil signifikan menurunkan angka stunting di Wonosobo,” papar Afif.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Wonosobo Jaelan menjelaskan kegiatan Rembug Stunting adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah daerah untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan, intervensi pencegahan dan penurunan angka stunting yang terintegrasi antara Perangkat Daerah penanggung jawab layanan.

“Penurunan angka stunting di Wonosobo memang cukup konsisten. Saya mengharapkan komitmen, dukungan dan kerjasama seluruh lintas sektor serta komitmen dalam mendukung program aksi percepatan penurunan stunting terutama para Kades dan Bidan Desa yang langsung berperan penting,” ujarnya.

Lebih lanjut, mengapa perlu adanya Rembug Stunting Jilid II tentunya untuk mewujudkan satu data penanganan stunting. Mengefektifkan progress penanganan stunting dan evaluasinya. Menguatkan gotong royong penanganan stunting. Mengefektifkan aksi penanganan intervensi spesifik dan sensitif oleh desa, kecamatan, perangkat daerah dan stake holder lainnya. Serta menjawab tantangan dan mencipta solusi permasalahan penanganan dan pencegahan stunting.

“Rembug Stunting kali ini lebih mengerucut lagi, dengan mengundang para pemangku kebijakan dibawah seperti Kades, Lurah, Bidan dan kepala Puskesmas. Periode ketiga dilaksanakan bersama 4 kecamatan yaitu kecamatan Kalibawang, Kepil, Kalikajar dan Sapuran dibarengkan dengan launching program Sobo Hebat Sedulur Selawase,” jelas Jaelan

Menurutnya, Program Sobo Hebat Sedukur Selawase merupakan sebuah program penanganan stunting yang fokus pada sasaran balita stunting melalui intervensi spesifik pemberian nutrisi lewat terapi protein hewani dari telur. Diharapkan mampu menekan laju penurunan Stunting di Wonosobo

“Program ini diwujudkan melalui pemberian dua butir telur setiap hari kepada balita stunting di Kabupaten Wonosobo selama 90  hari, yang menyasar 7.774 balita. Harapannya mampu mengurangi prevalensi stunting secara signifikan,” tuturnya.

Namun Jaelan menekankan perlu dicermati bersama tantangan pelaksanaan program ini bukan lagi pada pengadaan telurnya, akan tetapi bagaimana kita bisa memastikan bahwa telur ini memang dikonsumsi oleh balita stunting secara utuh dan berkelanjutan selama 90 hari.

Kepala DinasPPPKBPPPA Kabupaten Wonosobo Dyah Retno Afif Nurhidayat menambahkan Rembug Stunting dijadikan momentum meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam penanggulangan stunting yang menjangkau seluruh sasaran, baik balita, keluarga dan masyarakat. Untuk itu perlu sinergitas antara seluruh sektor terkait yang berhubungan dengan penurunan stunting yang lebih intensif sehingga penurunan stunting di Wonosobo dapat cepat tercapai

Target penurunan stunting menjadi catatan penting dan sebagai dasar dalam rembug, dengan harapan dapat menghasilkan strategi operasional yang bisa dilaksanakan bersama-sama.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini, termasuk Bank Jateng Wonosobo, KORPRI Wonosobo, Persit Chandra Kirana, Pemerintah Desa, Dharma Wanita, IPeKB, Dinas Kesehatan, juga lembaga dan masyarakat yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, atas kontribusinya dalam pengentasan stunting di kabupaten kita,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya