SOLOPOS.COM - Bocoran Grace Natalie Soal Pertemuan Jokowi dengan Ketum PSI Kaesang di Bandung. Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024). (Istimewa/Doc PSI)

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menjadi kandidat calon gubernur (cagub) favorit warga Jawa Tengah (Jateng).

Survei LSI ini menanyakan kepada responden siapa tokoh yang akan dipilih untuk menjadi gubernur Jateng. Hasilnya, dalam simulasi semi terbuka 21 nama kandidat, Kaesang menjadi pilihan utama dengan meraih dukungan dari 15,9% responden.

Promosi Dukung Relawan Bakti BUMN 2024, BRI Ajak Relawan Berpetualang di Desa BRILiaN

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengikuti di peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 12,9%. Lalu kader Gerindra Abdul Wachid ada di peringkat ketiga (7,8%). Setelahnya diikuti pesohor Raffi Ahmad (6,8%), politikus PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (5,8%), mantan asisten Prabowo Sudaryono (4,7%), hingga politikus PDIP Hendrar Prihadi (4,7%). Sementara nama lainnya hanya memperoleh angka 4% ke bawah.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyimpulkan, belum ada kandidat yang mempunyai elektabilitas alias tingkat keterpilihan yang signifikan. Menurutnya, para kandidat masih punya peluang besar.

“Ini menunjukkan bahwa pertarungan tampaknya masih sangat terbuka, masih belum ada yang disimpulkan unggul apalagi disebut dominan,” jelas Djayadi ketika memaparkan hasil survei secara daring, Minggu (30/6/2024).

Belum lagi, lanjutnya, 19,5% warga Jateng masih belum menentukan pilihan. Oleh sebab itu, belum banyak yang bisa disimpulkan dari hasil simulasi semi terbuka 21 nama kandidat cagub Jateng 2024 tersebut.

Sementara itu, dalam simulasi enam hingga dua nama, Djayadi mengungkapkan ada empat kandidat yang selalu menunjukkan elektabilitas yang tinggi.

“Empat nama yang bisa bertarung paling kuat yaitu Ahmad Luthfi, Bambang Wuryanto, Taj Yasin Maimoen, dan Kaesang Pangarep,” ungkapnya.

Survei LSI ini diselenggarakan pada 21 – 26 Juni 2024 dengan 1.200 responden yang di Jateng. Wawancara responden secara langsung dan dipilih menggunakan teknik metode double sampling, dengan margin of error kurang lebih 2,8%.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei LSI: Kaesang Jadi Calon Gubernur Favorit Warga Jateng”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya