SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di sekitaran perlintasan sebidang Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang tergenang air pada Selasa (28/11/2023) siang. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Hingga kini masih ada warga yang penasaran kenapa daerah Kaligawe di Kota Semarang sering banjir. Salah satu kawasan yang kerap dilanda banjir berada di sekitar ruas jalan perlintasan sebidang Kereta Api (KA) Kaligawe.

Sebagaimana diketahui, banjir setinggi 70 sentimeter menggenangi sejumlah lokasi di Kelurahan Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Selasa (28/11/2023) siang. Banjir itu akibat hujan deras yang mengguyur Kota Lumpia sejak Senin (27/11/2023) malam.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, terdapat tujuh lokasi di wilayah setempat yang mengalami banjir. Daerah paling tinggi genangan airnya mencapai 70 cm berada di Jalan Kaligawe atau tepatnya di depan pintu masuk RSI Sultan Agung.

“Pada Senin, 27 November 2023 pukul 20.00 WIB hujan dengan intensitas deras terjadi di Kota Semarang sehingga mengakibatkan dampak genangan,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Adhi Yulianto.

Naiknya rob laut di Kaligawe, Semarang menjawab pertanyaan kenapa di daerah tersebut sering dilanda banjir. Akibat banjir tersebut terjadi perlambatan arus lalu lintas di kawasan Kaligawe. Terutama di lokasi perbaikan jembatan tol Kaligawe Semarang.

“Karena tadi malam hujan deras di Semarang, ditambah juga rob air laut naik sehingga jembatan Kaligawe yang sedang diperbaiki di bawah menggenang. Akhirnya terjadi perlambatan arus. Kami imbau kepada masyarakat mengindari kawasan Kaligawe untuk musim rob ini,” ujar Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, Selasa (28/11/2023).

Dikutip dari id.wikipedia.org pada Rabu (15/11/2023), Kaligawe yang memiliki sejarah panjang merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Di Kaligawe terdapat beberapa kelurahan, yakni Gayamsari, Kaligawe, Pandean, Lamper, Sambirejo, Sawah Besar, Siwalan, Tambakrejo.

Kaligawe merupakan salah satu kelurahan di Semarang yang sering dilanda banjir rob karena lokasinya yang berdekatan dengan laut. Hal ini sekaligus menjadi jawaban atas pertanyaan kenapa Kaligawe di Semarang sering banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya