SOLOPOS.COM - Satlantas Polres Salatiga dan Dishub Kota Salatiga saat melakukan pemasangan rambu peringatan di turunan Salib Putih Argomulyo Kota Salatiga Rabu (1/11/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Kepolisian Resor (Polres) Salatiga dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga memasang rambu peringatan di perempatan Kumpulrejo, Jalan Lingkar Selatan (JLS) atau tepatnya di turunan Salib Putih. Hal itu dilakukan menyusul lokasi tersebut, yakni turunan Salib Putih, Salatiga, kerap terjadi kecelakaan lalu lintas, bahkan hingga menimbulkan korban jiwa.

Tercatat ada tiga lokasi yang diberi tambahan rambu peringatan rawan kecelakaan di sepanjang turunan Salib Putih. Ketiga lokasi itu yakni di batas kota Salatiga-Kopeng, depan Kantor Balai Latihan Kerja Salib Putih, dan turunan perempatan Salib Putih.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Suci Anggraini, menyebut ketiga titik itu dipasang rambu peringatan dengan tujuan agar pengguna jalan, khususnya yang dari luar kota lebih berhati-hati saat akan melintaasi turunan Salib Putih. Dengan peringatan itu, pengendara diharap jadi tahu jika akan melewati turunan yang tajam dan panjang.

“Sehingga [pengendara] dapat melakukan langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya kecelakaan,” terang AKP Suci, Rabu (1/11/2023).

Dijelaskan, kejadian kecelakaan lalu lintas di perempatan Kumpulrejo atau turunan Salib Putih, Salatiga, sudah sering terjadi. Hal ini dikarenakan kontur jalan dari arah Solo menuju Semarang merupakan turunan yang panjang. Pun demikian dengan jalur dari arah Kopeng menuju Salatiga juga merupakan turunan tajam dan panjang.

“Sehingga ketika mendekati perempatan Salib Putih bagi pengendara yang tidak mempersiapkan diri sejak dari awal akan mendadak dan tidak mampu mengontrol kendaraan. Kondisi itu bisa menyebabkan terjadinya gagal pengereman,” jelas AKP Suci

Pihaknya berharap dengan adanya rambu peringatan itu pengendara bisa lebih berhati-hati dan meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pantauan Solopos.com, rambu-rambu lalu lintas itu bertuliskan peringatan agar pengendara lebih berhati-hati, seperti, “Pelan-pelan Pak Sopir.. !!! Turunan Tajam Dengan Persimpangan’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya