SOLOPOS.COM - Ilustrasi air bersih. (Freepik.com)

Solopos.com, TEMANGGUNG-Sebanyak lima desa di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung,  Jawa Tengah, mendapat bantuan sistem penyediaan air minum perdesaan (SPAM desa) dari dana APBN 2023.

Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo di Temanggung, Jumat (6/10/2023), menyampaikan bantuan tersebut merupakan dana aspirasi dari Komisi V DPR RI.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Kelima desa yang mendapat bantuan SPAM desa tersebut, yakni Katekan, Giripurno, Tegalrejo, Mangunsari, dan Gundang Winangun.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Komisi V DPR RI yang telah memberikan bantuan SPAM untuk satu desa masing-masing 160 sambungan rumah,” katanya dikutip dari Antara pada Sabtu (7/10/2023).

Ia menuturkan bantuan penyediaan air minum perdesaan ini luar biasa bagi warga di lima desa di Temanggung yang membutuhkan air, apalagi dalam kondisi musim kemarau ini memang diperlukan sekali.

“Jadi desa-desa yang kekurangan air itu bisa dilakukan dengan cara memberikan jaringan perpipaan sampai ke rumah masing-masing,” katanya.

Ia menyebutkan jaringan air tersebut akan mengambil dari sumber mata air Jumprit.  “Jaringan air tersebut sekarang baru terbangun sekitar 43 persen. Kalau semua perpipaan sudah masuk ke sambungan rumah maka dilakukan konektivitas,” katanya.

Anggota Komisi V DPR Sudjadi menyampaikan setiap desa  penerima bantuan penyediaan air minum di Temanggung tersebut mendapat bantuan dari APBN sekitar Rp400 juta. “Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang memerlukan air bersih,” katanya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendapat dana tambahan penanggulangan krisis air bersih di daerah kekeringan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 sebanyak 60 tangki.

“Dari APBD Perubahan Tahun 2023, kami mendapat tambahan alokasi bantuan 60 tangki air bersih atau sebanyak 300.000 liter,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi di Temanggung, beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan pada musim kemarau ini BPBD harus mendistribusikan bantuan air bersih di 25 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Dalam alokasi APBD Tahun 2023, BPBD telah mendapat alokasi 151 tangki, sedangkan sekarang tinggal beberapa tangki untuk membantu warga yang kekurangan air bersih.  Sejak musim kemarau, katanya, beberapa sumber mata air mulai mengering, bahkan beberapa di antaranya tidak lagi mengeluarkan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya