SOLOPOS.COM - Lokomotif C16 03 di Museum Ambarawa, Jawa Tengah. (KAI Heritage)

Solopos.com, SEMARANG-Jika kamu berkunjung ke Museum Ambarawa, Jawa Tengah, kamu akan melihat sejumlah koleksi lokomotif kuno salah satunya adalah C16 yang ternyata pernah melayani rute Yogyakarta-Magelang di zaman penjajahan Belanda. Bagi penggemar wisata heritage dan penggemar kereta api, tak ada salahnya mengenal lokomotif kuno ini.

Untuk memperkuat kekuatan militer dan ekonomi, pemerintah Hindia Belanda menjadikan kota Magelang sebagai pusat kekuatan militer. Selain itu, kota ini juga dijadikan pusat lalu lintas perekonomian. Pemilihan Kota Magelang  karena letaknya yang strategis, udaranya yang nyaman serta pemandangannya yang indah.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Pemerintah Hindia Belanda terus melengkapi Magelang dengan berbagai sarana dan prasarana perkotaan seperti menara air, listrik, jalan arteri dan transportasi kereta api. Jalur kereta api yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan kota Magelang dengan panjang 47 km, selesai dibangun pada 1898. Jalur kereta api ini dibangun oleh perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg maatschappij (NIS).

Dikutip dari KAI Heritage pada Kamis (12/10/2023), pada 1899 – 1908, NIS mendatangkan 7 lokomotif uap C16 dari pabrik Hartman (Jerman) untuk melayani rute Yogyakarta-Magelang tersebut. Pada 1903–1907, pembangunan jalur kereta api dilanjutkan dari Magelang menuju ke Secang–Ambarawa dan Secang–Temanggung–Parakan. Jalur ini dianggap penting karena di Parakan dan Temanggung terdapat beberapa perkebunan tembakau.

Masyarakat sangat terbantu dengan adanya sarana transportasi kereta api ini karena tarifnya yang murah, aman, dan dapat menikmati pemandangan indah. Para penumpang terdiri dari berbagai macam profesi dan belum ada pembagian kelas kereta penumpang. Satu rangkaian kereta campuran terdiri atas kereta penumpang dan gerbong barang. Karena kereta harus berhenti di setiap stasiun maka waktu tempuh dari Magelang sampai Temanggung berkisar dua jam. Kereta harus berjalan sangat pelan dan kadang roda slip mulai dari Madureso sampai Banyurip karena jalan rel yang agak menanjak.

Tangki lokomotif C16 yang pernah melintasi rute Magelang sampai Temanggung ini berada di sisi roda dan memiliki kapasitas air sebanyak 3 m3. Lokomotif uap C16 memiliki susunan roda 0-6-0T. 0-6-0T berarti mempunyai 3 roda penggerak. Lokomotif C16 memiliki ciri khas yaitu menggunakan roda yang bersistem Golsdorf. Dengan sistem ini, seluruh roda (roda pertama, roda kedua dan ketiga) hanya akan bergeser ke kiri/kanan mengikuti jalur rel. Roda dengan sistem ’Golsdoft’ cocok digunakan untuk jalan rel dengan radius tikungan yang besar. Sistem Golsdoft dikembangkan oleh insinyur dari Austria yaitu Karl Golsdoft. Pada 1924–1931, semua lokomotif C16 dikonservasi dan dilengkapi dengan teknologi superheater.

Lokomotif C16 memiliki panjang 7940 mm dan berat 25,5 ton. Lokomotif ini memiliki daya 250 HP (horse power) dan dapat melaju hingga kecepatan 55 km/jam. Lokomotif ini menggunakan bahan bakar batubara atau kayu jati.

Dari tujuh lokomotif C16, saat ini hanya tersisa satu lokomotif C16, yaitu C16 03 (mulai operasional tahun 1901) dipajang di Museum Ambarawa, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya