SOLOPOS.COM - Keseruan wisatawan saat mencoba Sitalang River Tubing Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (12/11/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Meskipun terkenal dengan beragam kulinernya, Kota Salatiga juga menawarkan wisata lain bagi para pencinta wisata yang cukup menantang adrenalin. Salah satu objek wisata yang wajib dicoba ketika berkunjung di kota kecil di Jawa Tengah ini adalah Sitalang River Tubing.

Wisata susur sungai yang berada di Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga ini menawarkan wisata adrenalin dengan bonus pemandangan alam yang indah. Pengunjung bisa bisa merasakan sensasi melintasi dua sungai dengan ban bekas dengan jalur yang berkelok dan air terjun kecil.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Pengelola Sitalang River Tubing, Wahyu Deni Saputra, mengatakan Sitalang River Tubing ini masih terbilang anyar karena baru dibuka pada tahun 2019. Meski begitu, wisata ini diminati pengunjung dari luar kota Salatiga. Diakuinya, Sitalang River Tubing ini memiliki jalur yang cukup aman untuk anak-anak dan orang tua.

“Cukup menantang jalurnya, tapi aman untuk anak-anak dan orang dewasa. Setiap titik ada kru yang sudah menunggu untuk memastikan keamanan,” terang Wahyu kepada Solopos.com, Minggu (12/11/2023).

Dijelaskan, Sitalang River Tubing memiliki rute dengan panjang sekitar 2 kilometer, melintasi sungai utama yang besar dan sungai kecil dengan airnya cukup tenang. Waktu yang ditempuh untuk melintasi rute itu selama satu jam.

“Keseruannya karena arus dan bebatuan yang banyak dan bergelombang. Itu menambah adrenalin,” terang Wahyu.

Dibeberkannya, setiap bulan ada 50-100 pengunjung yang datang dan mencoba di Sitalang River Tubing. Pengunjung mayoritas dari luar kota, seperti Semarang, Kudus, dan Demak.

Untuk menikmati sensasi memacu adrenalin ini, pengunjung harus merogoh kocek senilai Rp75.000 per orang. Tarif itu sudah termasuk camilan yang disediakan pengelola saat beristirahat pindah jalur sungai kecil.

“Kami buka setiap hari, tapi untuk pemesanan secara online. Kalau tiba-tiba langsung ke sini takutnya ada pengunjung lain, takutnya tidak bisa maksimal melayani,” terang Wahyu.

Salah seorang pengunjung asal Kota Semarang, Diana Permata Putri, mengaku cukup terpacu adrenalinnya setelah mencoba Sitalang River Tubing. Menurutnya, rute yang dilewati cukup menarik karena bebatuan yang berkelok.

“Cukup asyik dan memacu adrenalin. Kami berkunjung di musim kemarau. Jadi airnya sedikit,” ungkap Diana.

Diana berkunjung di Sitalang River Tubing bersama dengan teman satu kantornya. Dirinya juga berniat mencoba lagi ketika sudah memasuki musim penghujan.

“Kalau musim hujan kayaknya lebih seru ini. Bisa dicoba lagi besok kalau musim hujan,” akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya