SOLOPOS.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengecek kesiapan KPU Sukoharjo menjelang pemungutan suara pada Pemilu 2024 didampingi Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Selasa (9/1/2024) sore. (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SEMARANG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, untuk kali pertama akan menggunakan hak suara sebagai pemilih dalam Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). Mantan Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) ini dijadwalkan akan menggunakan hak suara di TPS 02 Gajahmungkur, Kota Semarang.

Nana memang untuk kali pertama menggunakan hak pilih sebagai warga negara. Pada pemilu sebelumnya, Nana tidak memiliki hak pilih karena masih aktif menjadi anggota Polri.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Meski demikian, sejak 2023 lalu, purnawirawan Polri berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) itu telah purna bakti. Ia pun baru mendapatkan hak pilihnya pada Pemilu tahun ini atau tahun 2024.

“Jadi rupanya saya juga pemilih pemula, karena baru kali ini saya akan mendapatkan hak saya untuk memilih,” kata Nana dalam keterangan tertulis dari Humas Pemprov Jateng, Selasa (13/2/2024).

Sebagai informasi, Nana Sudjana merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988. Sejak itu ia membaktikan dirinya kepada negara sebagai anggota Polri aktif sampai resmi pensiun per 26 Maret 2023. Sejak 5 September 2023 ia dilantik menjadi Penjabat Gubernur Jawa Tengah.

Mendapat kesempatan kali pertama menggunakan hak pilih, Nana mengaku tidak akan menyiasiakan. “Saya sudah purna bakti dari kepolisian tahun kemarin 2023, maka namanya purnawirawan. Alhamdulillah kali ini bisa memberikan akan memilih,” tuturnya.

Nana Sudjana terdaftar sebagai pemilih di TPS 02 Gajahmungkur, Kota Semarang. Ia dijadwalkan akan mencoblos pada Rabu pagi.

Nana dijadwalkan akan datang bersama istrinya Shinta Nana Sudjana yang juga menjabat sebagai Pj Ketua TP PKK Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya