SOLOPOS.COM - Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dan Dirjen ILMATE Kemenperin, Taufiek Bawazier, saat meninjau both Nasmoco pada GIIAS Semarang 2023 di Marina, Rabu (18/10/2023). (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2023 resmi dibuka, Rabu (18/10/2023). Pameran mobil terbesar di Jawa Tengah (Jateng) yang digelar di Marina Convention Center (MCC), Kota Semarang, hingga Minggu (22/10/2023) itu pun menghadirkan berbagai produk terbaru dari 10 produsen mobil.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan berbagai pihak hingga GIIAS Semarang bisa kembali digelar. Penyelenggaraan GIIAS di Semarang ini merupakan yang kali kedua setelah yang pertama sukses digelar pada tahun 2022 lalu.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Tahun ini menjadi penyelenggaraan GIIAS Semarang yang kedua dan tentunya menjadi momen yang membanggakan. Tahun ini antusiasme peserta mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Nangoi dalam sambutannya saat acara pembukaan.

Nangoi berharap antusiasme peserta GIIAS Semarang 2023 dapat menjadi dorongan bagi potensi industri otomotif nasional, khususnya di Jateng. “Sesuai dengan misi Gaikindo, GIIAS adalah ajang untuk menunjukkan perkembangan industri otomotif Indonesia, memberikan edukasi yang tepat untuk masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan,” imbuh Nangoi.

Nangoi menambahkan dalam GIIAS Semarang 2023 ini, pihaknya akan menghadirkan sekitar 10 model kendaraan terbaru dari agen pemegang merek (APM) otomotif di Indonesia. Ke-10 mobil baru ini sebelumnya juga telah dipamerkan dalam event GIIAS 2023 di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Dongkrak Perekonomian

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah (Jateng), Sumarno, menyampaikan terima kasih atas digelarnya GIIAS 2023 di Kota Semarang. Adanya GIIAS diyakini mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian di Jateng.

“Pameran [GIIAS] yang pertama [2022] memberikan hasil yang membahagiakan. Mudah-mudahan GIIAS Semarang yang kedua kali ini juga bisa mengalami peningkatan dengan adanya transaksi penjualan kendaraan bermotor di Jateng. Tentu saja itu akan mendongkrak perekonomian di Jateng,” ujar Sumarno.

Total ada 30 merek otomotif yang turut serta dalam GIIAS Semarang 2023. Ke-30 merek itu terdiri dari 10 merek kendaraan penumpang seperti Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Selain itu juga ada empat merek kendaraan roda dua yang turut serta dalam pameran ini seperti Exotic, Pacific, Royal Enfield dan Yamaha.

Para peserta akan menghadirkan berbagai kendaraan dengan teknologi terbaru, termasuk juga kendaraan bermotor berbasis listrik. Hadir juga puluhan merek industri pendukung otomotif yang akan ikut memeriahkan ajang GIIAS Semarang 2023.

GIIAS di Semarang ini akan berlangsung selama lima hari, mulai 18-22 Oktober 2023 pada pukul 11.00 WIB-21.00 WIB pada weekday dan pukul 10.00-21.00 WIB pada weekend. Pengunjung yang ingin menyaksikan pameran otomotif ini bisa membeli tiket secara langsung di area pameran dengan harga Rp20.000 saat weekday dan Rp30.000 saat weekend.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya