SOLOPOS.COM - Seekor rusa jantan yang kedapatan terperosok kolam ikan di Kampung Tengger, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Rabu (10/1/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Warga Kampung Tengger, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dikagetkan dengan seekor rusa jantan yang terperosok atau masuk ke kolam ikan milik warga, Rabu (10/1/2024). Rusa yang diperkirakan berbobot hampir 1 kuintal itu diperkirakan sudah terjebak di kolam sejak Selasa (9/1/2024) malam.

Kasi Keselamatan Damkar Kota Semarang, Listiyono, mengatakan rusa jantan itu semula mendadak masuk ke Kampung Tengger pada Selasa malam. Namun keberadaan rusa yang terperosok ke kolam ikan itu baru dilaporkan warga pada Rabu siang, sekitar pukul 12.30 WIB.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Itu rusa mungkin keluar dari area Akpol [Akademi Polisi]. Kondisi rusa sehat. Tapi kami dapat laporan kalau posisi rusa masuk ke kolam ikan milik warga,” ujar Listiyono kepada wartawan, Rabu (10/1/2024) malam.

Lebih lanjut, saat ini rusa tersebut masih berada di kolam ikan milik warga di RT 09/RW VII, Jalan Tengger V. Damkar Kota Semarang masih kerepotan mengevakuasi rusa itu karena bobotnya yang hampir 1 kuintal.

“Bobot rusa mungkin mendekati satu kuintal. Itu rusa jantan tapi jenisnya apa yang paham pihak BKSDA [Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam],” akunya.

Dari pengamatan kasat mata, Listiyono berkata kondisi hewan tersebut terluka. Sebab saat masuk ke Kampung Tengger dan menyelinap ke kolam ikan tubuhnya sempat membentur tembok yang terbuat dari batu bata.

“Kalau luka ada sedikit kena benturan karena kolamnya bahannya dari bata. Kami sudah minta bantuan BKSDA. Tidak tahu nanti apakah akan dibius atau dimasukan ke kandang. Nanti setelah dievakuasi akan langsung diserahkan ke mana saya juga belum tahu,” bebernya.

Sedangkan dari penuturan warga setempat, rusa tersebut masuk ke Kampung Tengger pada Selasa (9/1/2034) sekitar pukul 21.00 WIB malam. Warga yang melihat pun berusaha mengecek kondisi rusa dan mendapati ada di luar kolam ikan. Namun tak diketahui secara pasti rusa itu kembali masuk ke kolam ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya