SOLOPOS.COM - Suasana pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jateng 2024 di SMAN 3 Kota Semarang, Rabu (12/6/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Sekolah negeri favorit masih menjadi incaran calon peserta didik baru dalam PPDB Jateng 2024, tak terkecuali di Kota Semarang. Salah satu SMA negeri terbaik di Kota Semarang, yakni SMAN 3, bahkan Kembali banjir peminat saat PPDB 2024 resmi dibuka sejak Selasa (11/6/2024).

Tak hanya diminati calon peserta didik baru dari jalur zonasi, SMAN 3 Semarang yang saat ini menyandang predikat sebagai SMA negeri terbaik di Kota Semarang itu juga banyak dilirik calon siswa dari jalur prestasi.

Promosi Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan Bantu Warga di Sumbawa Besar

Hal itu terlihat saat pelaksanaan PPDB Jateng 2024 hari kedua, Rabu (12/4/2024). Sejumlah siswa yang memiliki prestasi nasional maupun internasional rela mengantre untuk membuat akun dan verifikasi berkas secara langsung di SMA yang memiliki ranking 114 nasional itu.

Salah satunya adalah Gizelle Stephanie Joyoachmadi. Berbekal piagam internasional dalam bidang paduan suara, remaja asal Semarang Utara itu mendaftar PPDB Jateng 2024 ke SMAN 3 Semarang melalui jalur prestasi. Padahal secara domisili, Gizelle sebenarnya juga bisa mendaftar lewat jalur zonasi.

Meski demikian, ia lebih memilih mendaftar melalui jalur prestasi. Hal itu tak lain karena kans untuk diterima melalui jalur zonasi lebih besar, terlebih jika prestasi yang dimiliki berskala internasional.

“Tinggalnya jauh di Tanah Mas, tapi anaknya ingin di sini [SMAN 3 Semarang], makanya pilih [jalur] prestasi. Saya bawa ini [sertifikat] juara paduan suara, internasional,” ujar orang tua Gizelle, Yunita Kristiana, saat dijumpai Solopos.com di SMAN 3 Semarang, Rabu.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Semarang, Achmad Fauzan, membenarkan bila sekolahnya saat ini masih menjadi favorit dan banyak peminat. Bahkan berkaca pada PPDB Jateng 2023 lalu, dari kuota yang disediakan yakni 408 siswa, jumlah pendaftar mencapai 1.500 orang atau tiga kali lipat dari kuota.

“Tahun ini belum bisa dilihat berapa [pendaftar], tapi untuk kuota yang disediakan masih sama, ada 12 rombel [rombongan belajar] dan tiap rombel berisi 34 siswa,” ujarnya.

Berkaca dari banyaknya pemminat itu, SMAN 3 Semarang pun memiliki tim seleksi di jalur prestasi. Tim ini akan menyeleksi sertifikat atau melakukan verifikasi piagam penghargaan yang disodorkan calon peserta didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya