SOLOPOS.COM - Petugas memadamkan api di karaoke "New Orange” yang terletak di Jalan Veteran Kelurahan Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal yang terbakar pada Senin 15/1/2024 (Istimewa/Polres Tegal)

Solopos.com, TEGAL — Teka-teki penyebab kebakaran di tempat karaoke New Orange yang terletak di Jalan Veteran, Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), pada Senin (15/1/2024), akhirnya mulai terkuak. Kebakaran yang menyebabkan enam orang meninggal dunia itu ternyata disebabkan korsleting listrik.

Hal itu diungkapkan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rully Thomas, saat menggelar jumpa pers di Mapolres Tegal Kota, Rabu (17/1/2024). Rully mengatakan kebakaran terjadi karena korsleting listrik atau hubungan arus pendek listrik. Titik api pertama diketahui berada di ruang musala yang terletak di lantai ketiga gedung tersebut.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“Penyebab kebakaran tersebut adalah ditemukannya api pertama di ruang musala dari lantai ketiga gedung. Penyebab tersulutnya bahan mudah terbakar karena hubungan pendek arus listrik [korsleting listrik],” katanya dalam jumpa pers, Rabu (17/1/2024).

Kepala Bidang (Kabid) Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng, Kombes Pol Slamet Iswanto, turut membenarkan jika penyebab kebakaran tempat karaoke New Orange di Kota Tegal itu dikarenakan korsleting listrik. Ia menyebut ruang musala itu sebelumnya digunakan sebagai ruang karaoke, sehingga masih banyak ditemukan instalas kabel, listrik, dan saklar yang menyala.

“Jadi kami dari Labfor [Polda Jateng] menyampaikan penyebabnya adalah hubungan pendek listrik. Di lantai ketiga ruang musala yang dulu juga jadi room [ruang karaoke] kami temukan banyak kabel instalasi dan ada saklar yang menyala,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, api yang muncul dari hubungan arus pendek listrik itu kemudian menyambar barang-barang seperti busa, vinil dan wallpaper. Api pun cepat merambat dan mengeluarkan asap yang pekat.

“Memang pekat sekali dan ada api di dalam situ [gedung]. Pertama di musala dan apinya terlokalisasi, asapnya juga keluar. Jadi musala ada ladies room, dekat sekali. Saat kita periksa, pintu itu penuh dengan jelaga,” imbuhnya.

Dengan demikian, teka-teki terkait penyebab kebakaran tempat karaoke New Orange di Kota Tegal, pun telah terjawab. Kebakaran tempat karaoke ini pun sempat menyita perhatian publik karena menyebabkan enam orang meninggal dunia, dan lima orang lainnya mengalami luka-luka.

Enam orang yang meninggal dunia dalam peristiwa itu seluruhnya berjenis kelamin perempuan. Mereka meninggal dunia karena lemas dan sesak nafas setelah menghirup asap CO2 yang berasal dari kebakaran itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya