SOLOPOS.COM - Pelantikan DPP Pakuwojo pada Minggu (1/10/2023). (purworejokab.go.id)

Solopos.com, PURWOREJO-Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH melantik Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo (DPP Pakuwojo) masa bakti 2023-2028, Minggu (1/10/2023). Acara yang mengusung tema Pakuwojo Etnic Festival dan Inauguration itu dilakukan di Pendapa Suratto Puri Cikeas Bogor Jawa Barat.

Hadir Ketua Kadin DKI Hj Diana Dewi SE, Wakil Ketua DPRD Purworejo Kelik Susilo Ardani SE MIP MAP, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Purworejo Triwahyuni Wulansari AP MAP;  Kepala Bakesbangpol Purworejo Agus Widiyanto SIP MSi; Ketua Dewan Pembina Pakuwojo Ir H Erman Suparno MBA MSi; Dewan Penasihat Pakuwojo Zainal Arifin MM MBA, serta Ketua Umum Paguyuban Jateng beserta seluruh ketua paguyuban dari 35 kota/kabupaten se-Jawa Tengah.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Wabup Purworejo dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya DPP Pakuwojo tersebut. Dia berharap kepengurusan baru ini mampu semakin mengokohkan eksistensi Pakuwojo di masa-masa mendatang.

Dikutip dari purworejokab.go.id pada Senin (2/10/2023), Wabup Purworejo menambahkan keberadaan berbagai paguyuban bernuansa kedaerahan seperti Pakuwojo ini, memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Antara lain sebagai wahana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat Purworejo termasuk yang ada di perantauan.

Menurutnya, keberadaan Pakuwojo selama ini juga telah banyak memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan daerah. “Perantau atau pun warga yang memiliki hubungan sosiokultural dengan Kabupaten Purworejo memang diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat di daerah, baik dari segi materiil maupun non materiil,” katanya.

Meskipun Pakuwojo tidak terjun secara langsung sebagai bagian dari lembaga eksekutif  maupun legislatif di Kabupaten Purworejo, namun keberadaan Pakuwojo diharapkan dapat menjadi salah satu turbin penggerak pembangunan daerah.

Peran lainnya yaitu dari Pakuwojo dengan mempromosikan potensi Kabupaten Purworejo kepada dunia luar, sehingga semakin banyak investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Purworejo, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wabup Purworejo mengatakan untuk lebih memperkuat hubungan kekeluargaan antar warga Purworejo di perantuan, dirinya mendorong dibangunnya komunikasi yang sinergis dan intensif antar paguyuban sejenis.

“Karena kita memiliki sejumlah paguyuban yang selama cukup eksis, seperti Pakutho, CPP dan sebagainya. Dengan demikian, diharapkan satu sama lain bisa saling membantu dan mendukung, untuk bersama-sama memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan Kabupaten Purworejo yang kita cintai,” imbuhnya.

Ketua DPP Pakuwojo Rendra Kusuma Wijaya  menyampaikan bahwa selain pelantikan acara ini juga sekaligus dalam rangka memperingati 27  tahun sejarah organisasi ke daerah Pakuwojo serta peluncuran Purworejo Card. Dirinya bersama seluruh DPP Pakuwojo akan berusaha mewujudkan cita-cita Pakuwojo.

“Kami akan melanjutkan program yang sudah berjalan cukup baik dan akan mengevaluasi program yang belum berjalan baik. Dengan harapan baru, kami yang sebagian besar kawula muda mohon support dan diberikan semangat. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan Pakuwojo bisa terealisasi,” terang Rendra.

Pada kesempatan itu juga digelar bazar produk lokal UMKM, art performance, live musik, dan pertunjukan kesenian Tari Dolalak yang cukup menghibur para perantau Purworejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya