SOLOPOS.COM - Kondisi Jembatan Nogososro di kawasan Perumahan Tlogosari, Pedurungan setelah dilakukan perbaikkan oleh dinas terkait. Minggu (16/6/2024) (Solopos.com/Fitroh Nurikhsan)

Solopos.com, SEMARANG – Perbaikkan Jembatan Nogososro di kawasan Perumahan Tlogosari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah,  dianggap mangkrak karena belum tersentuh pembangunan.

Padahal peninggian jembatan itu sebagai solusi untuk pengendalian banjir di wilayah tersebut. Sejak mendapat perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan dilakukan pembongkaran pada 3 Januari 2024 ternyata yang dibangun hanya jembatan sementara.

Promosi Didukung BRInita, Dasawisma Pisang Palembang Sulap TPS Liar Jadi Urban Farming

Warga sekitar, Supriyadi, menagih janji agar Pemkot Semarang segera memperbaiki secara total Jembatan Nogososro. Dia sering kali melihat insiden kecelakaan karena akses jalan jembatan sementara bebatuan dan banyak kerikilnya.

Tempat jualannya yang tidak jauh dari lokasi Jembatan Nogososro sering terdampak debu. Untuk itu, dia meminta paling tidak akses jalan di jembatan sementara untuk diaspal.

“Iya, saya lihat sendiri karena jalan masih bebatuan dan banyak kerikil sering terjadi insiden pengendara motor jatuh. Bahkan handphone atau barang bawaan enggak sedikit juga yang jatuh,” ungkap lelaki yang akrab disapa Pri kepada Solopos.com beberapa waktu lalu.

Warga lainnya, Karim, turut membenarkan banyak pengendara motor terjatuh karena terpeleset di jalan yang masih bebatuan tersebut. Dia juga menyaksikan belum lama ini ada pengendara motor terjatuh ketika hendak melintasi area jembatan sementara tersebut.

“Iya, kemarin dua orang jatuh, untung enggak ketabrak. Janjinya bakal diperbaiki total, tapi ini sudah mangkrak sekitar empat bulan,” cetusnya.

Diakui Karim, karena rendahnya kontruksi Jembatan Nogososro Semarang banyak sampah-sampah yang tersumbat. Awal tahun 2024 lalu tempat usahanya turut terdampak banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan umum (DPU) Kota Semarang, Suwarto, membeberkan kalau perbaikkan Jembatan Nogososro belum dimulai. Pihaknya menyampaikan saat ini baru ada pemenang tender dalam proyek pembangunan jembatan itu.

“Bukan belum rampung, tapi memang belum mulai. Baru ada pemenang lelang, yang sekarang itu jembatan darurat,” kata Suwarto kepada Solopos.com, Selasa (18/6/2024).

Kendati tidak menyebutkan secara pasti kapan proses pengerjaan Jembatan Nogososro. Suwarto menyampaikan pihaknya bakal melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Soal banyaknya insiden pengendara motor kecelakaan di jembatan sementara. Dia hanya menganjurkan kepada pengendara agar lebih hati-hati lagi.

“Iya, hati-hati saja. Sebentar lagi mau di bongkar semua,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya