SOLOPOS.COM - Kepala BKPSDM Kabupaten Temanggung Ripto Susilo. (temanggungkab.go.id)

Solopos.com, TEMANGGUNG-Pemerintah Kabupaten Temanggung menjadwalkan merekrut formasi 387 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun anggaran 2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung Ripto Susilo mengatakan perekrutan pegawai 2023 dipastikan Pemkab Temanggung mendapatkan formasi 387 untuk PPPK.  “Tahun 2023 ini tidak ada formasi CPNS, yang ada formasi PPPK dalam perekrutan pegawai,” kata Ripto Susilo dikutip dari laman temanggungkab.go.id pada Rabu (13/9/2023).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Ia merinci formasi 387 PPPK untuk Kabupaten Temanggung tersebut terdiri atas 377 PPPK guru dan sisanya lima tenaga kesehatan dan lima tenaga teknis.  “Mayoritas untuk formasi PPPK guru dan hanya 10 untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo mengatakan sesuai usulan pada 2023 mendapat formasi guru, khususnya PPPK sejumlah 377 formasi untuk jenjang SD dan SMP.

Ia mengemukakan sebenarnya sejumlah 377 formasi itu belum memenuhi seluruh kebutuhan guru, karena kondisi sampai saat ini Kabupaten Temanggung masih mengalami kekurangan guru, karena purna tugas, meninggal dan sebagainya.

Ia menyampaikan, kebutuhan guru di Kabupaten Temanggung sebenarnya sebanyak 1.200 orang. Namun dengan perekrutan itu beban kekurangan guru sudah sedikit terpenuhi.

“Sehingga kalau nanti bisa terisi 377 guru PPPK berarti masih ada kekurangan sekitar dua per tiga,” imbuhnya.

Pihaknya sudah mengusulkan semua formasi, tetapi mengingat kemampuan keuangan daerah, dengan tahun 2024 ada Pilkada dan kebutuhan pemerintah daerah yang lain, sehingga tentu tidak bisa memaksakan diri untuk mengisi kekurangan 1.200 formasi.

Agus Sujarwo menyampaikan, pemenuhan kekurangan guru akan dipenuhi, dan Pemkab Temanggung telah membuat skemanya. Sebab guru sangat dibutuhkan untuk mendidik calon generasi penerus bangsa ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya